Simulasi Computer Assisted Test (CAT) CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) Seleksi CPNS 2016. Simulasi CAT CPNS BKN 2016.

Senin, 11 April 2016

KEMENTERIAN PANRB GELAR SIMULASI CAT ONLINE

Sahabat pembaca Info Simulasi CAT CPNS, sudah tahukah anda bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka kembali simulasi Computer Assisted Test (CAT) secara online di www.menpan.go.id. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi seleksi penerimaan calon mahasiswa/praja di 7 Sekolah Ikatan Dinas, yang pendaftarannya sudah dibuka beberapa waktu lalu.

Demikian dikatakan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Senin (11/04).  ”Pelaksanaan seleksi di tujuh Sekolah Ikatan Dinas itu menggunakan sistem CAT, seperti halnya tes untuk CPNS,” ujar Herman.

Dikatakan, calon mahasiswa/praja 7 Sekolah Ikatan Dinas tersebut diwajibkan mengikuti tes kompetensi dasar (TKD). CAT merupakan suatu metode seleksi dengan bantuan computer, sehingga menjamin terjadinya transparansi. Setiap peserta mendapat soal yang berbeda, meskipun duduknya berdampingan. Setelah selesai mengerjakan soal, peserta tes dapat langsung mengetahui hasilnya.

Dengan demikian, lanjut Herman, seleksi dengan sistem CAT ini akan mencegah terjadinya main mata, atau KKN dalam penerimaan mahasiswa ikatan dinas. “Dengan demikian yang tes hanya peserta yang benar-benar siap, dan putra-putri terbaik bangsa. Tidak ada titip-titipan,” tegas Herman.

Melalui sistem ini, peserta yang lulus sudah memenuhi standar minimal kompetensi dasar bagi CPNS. Simulasi CAT online yang dapat diunduh secara gratis ini, merupakan upaya Kementerian PANRB untuk membantu para calon peserta tes mengenal aplikasi yang sudah diterapkan secara penuh dalam tes CPNS pada tahun 2014.

Diakui bahwa dewasa ini semua lulusan SLTA sudah familier dengan teknologi informasi dan komunikasi. Simulasi tersebut dibuat dalam rangka memberikan edukasi kepada pelamar yang sudah mendaftar mengikuti seleksi Sekolah Ikatan Dinas agar dalam pelaksananaan TKD agar nanti bisa lebih optimal, imbuh Herman.

Kabag Sistem Informasi pada Biro HKIPKemenetrian PANRB Taufikurahman menambahkan, aplikasi CAT ini, didalamnya tersedia pilihan beranda, registrasi, mulai CAT, papan skor, informasi CPNS, CAT offline, bantuan dan kontak. "Simulai CAT ini bisa dikunjungi melalui partner website Menpan RB di www.sc.menpan.go.id" ujarnya menambahkan.

Cara pendaftaran yang dilakukan peserta adalah dengan cara memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan biodata diri meliputi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju. Waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah. Soal-soal yang disajikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya, tahun ini seleksi masuk tujuh sekolah ikatan dinas dilakukan secara terpadu. Ketujuh kampus dimaksud adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan 900 kursi, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) 300 kursi, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN 3.650 kursi, Akademi Imigrasi (AIM) dan POLTEKIP 260 kursi, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 500 kursi, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 250 kursi, dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) sebanyak 80 kursi.

Berita ini bersumber dari KEMENPAN-RB.
Share:

1 komentar:

  1. Informasi
    Bagi teman2 honorer yang sudah lama mengapdi belum terangkat PNS di karenakan

    - Tidak lolos seleksi CPNS
    - Terkendalah soal tes CPNS
    - Belum masuk DATA BASE CPNS
    - Pegawai kontrak lama non PNS
    - Honorer lama non PNS

    Bisa dikonfirmasikan langsung ke BKN pusat JKT
    Langsung ke direktur pengadaan dan kepangkatan pns BKN pusat
    Bpk Drs. Aidu Tauhid M.SI No tlp (021) 80882815 / Hp 082 349 747 870
    Sudah banyak honorer di bantu oleh beliau...wassalam
    BKN Pusat : Jl. Letjen Sutoyo No. 12. Jakarta Timur 13640.. DKI JAKARTA.

    BalasHapus

Facebook Page

Pesan Sponsor

loading...

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.